Dalam usaha peningkatan motivasi belajar siswa dan demi tercapainya tujuan pendidikan serta sehubungan dengan diselenggarakannya kegiatan Pesantren Ramadhan 1442 H/2021 M, maka Tiga Dosen Jurusan Matematika Universitas Negeri Padang berbagi ilmu dan pengetahuannya melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat.  Kegiatan ini dilaksanakan untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mengikuti Pesantren Ramadhan pada hari Senin, 26 April 2021 di Musholla Istiqamah, Patenggangan Air Tawar Barat, Padang Utara.

Kegiatan ini diketuai oleh Saddam Al Aziz, S.Pd., M.Pd. dengan beranggotakan Fridgo Tasman, S.Pd., M.Sc. dan Ronal Rifandi, S.Pd., M.Sc. Ketiga Dosen ini sekaligus menjadi narasumber materi terkait Keteladanan Bung Hatta dengan tema “Meneladani Integritas Muhammad Hatta Demi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pesantren Ramadhan 1442 H/2021 M Mushala Istiqamah”.  Diakhir pemaparan materi, siswa diberikan video kisah hidup Muhammad Hatta dan dilengkapi pemberian kuis dan hadiah bagi yang aktif.

Selama kegiatan berlangsung,siswa sangat antusias. Apalagi ketika ditampilkan video animasi tentang keteladanan Muhammad Hatta. Siswa merasa bangga dan ingin meneladani sikap-sikap dari Muhammad Hatta seperti ulet, telaten, rajin, dan pantang menyerah. Muhammad Hatta tidak mau menikah sebelum memerdekakan Indonesia. Begitu semangatnya, beliau juga hobi membeli dan membaca buku daripada membeli kebutuhan lainnya. Beliau juga memiliki pustaka sendiri. Hal ini memberikan teladan bagi siswa agar rajin belajar dengan gemar membaca.

Oleh karena itu, perlu hendaknya Dosen sebagai pencetak generasi penerus bangsa yang berpendidikan dan berakhlak untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada siswa agar tidak terjerumus pada hal-hal negatif.