Jurusan matematika kembali menunjukkan keseriusannya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Salah satunya dengan melaksanakan akreditasi internasional. Akreditasi internasional yang diikuti oleh jurusan matematika adalah ASIIN (The Accreditation Agency for Study Programmes in Engineering, Informatics, Natural Sciences and Mathematics yang berasal dari jerman) yang terdaftar dalam EQAR (The European Quality Assurance Register for Higher Education ) sebagai salah satu akreditasi yang diakui oleh KEMDIKBUD Indonesia. Jurusan matematika dengan dua prodinya yaitu pendidikan matematika dan matematika tergabung dalam cluster A bersama jurusan fisika. Sehubungan dengan pandemi yang terjadi maka audit dilakukan secara daring pada tanggal 6,7, dan 8 juli 2021mulai pukul 14.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB melalui aplikasi zoom meeting.

Dihari pertama proses audit dilakukan sesi wawancara dengan pimpinan universitas. Sesi ini dihadiri oleh rektor, wakil rektor, dekan, ketua lembaga, wakil dekan, dan kepala biro. Dilanjutkan dengan sesi bersama pimpinan fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam dan koordinator prodi beserta tim task force masing-masing prodi yang terlibat.

Selanjutnya dihari kedua kegiatan mulai dengan sesi wawancara dengan mahasiswa dan alumni dan dilanjutkan dengan sesi wawancara dengan dosen program studi. Ditutup dengan kegiatan live streaming fasilitas pada pukul 20.00 WIB.

Pada hari terakhir proses audit yang dilakukan olah para asesor ASIIN, mereka mewawancarai pengguna lulusan program studi dan diakhiri dengan sesi kesimpulan umum hasil visitasi. Visitasi Online ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Dimana seluruh peserta dan panitian yang terlibat harus melakukan test swab antigen.

Diharapkan adanya akreditasi internasional ASIIN ini jurusan dapat meningkatkan dan menunjukkan kualitas pendidikan dan pengajarannya di UNP dengan sudah memenuhi standar internasional. Jurusan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh staff, mahasiswa, alumni dan stakeholder yang telah terlibat dalam kegiatan ini.