Salah satu dari tiga jurnal yang dimiliki Jurusan Matematika FMIPA UNP, yaitu journal of mathematics UNP, sedang bersiap menuju terakreditasi. Menurut editor in chief journal of mathematics UNP, Defri Ahmad, S.Pd., M.Si, akreditasi jurnal pada saat ini adalah suatu hal yang wajib menjadi fokus bagi para pengelola jurnal ilmiah. Dengan bantuan dan dukungan dari LP2M UNP, journal of mathematics UNP sedang berbenah untuk menyiapkan proses akreditasi jurnal ini.

Menurut Defri Ahmad, S.PD., M.Sc, banyak hal yang perlu dilakukan sebagai upaya untuk itu proses pembenahan journal. Proses ini dimulai dari pemutakhiran sistim open journal system (OJS), lokakarya tentang proses akreditasi journal, perbaikkan front page tampilan homepage journal, penambahan informasi yang mutakhir seperti panduan penulisan artikel, dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu sumber informasi aplikasi dan perkembangan ilmu matematika, semenjak diterbitkan pertama kali di tahun 2013, jurnal ini memiliki 3 bidang fokus utama yaitu : 1. Matematika: terdiri dari publikasi dalam Aljabar, Analisis, Kombinatorik, Geometri, Persamaan Diferensial, Graf dan/atau Campuran, 2. Aplikasi Matematika: terdiri dari publikasi dalam Aplikasi Persamaan Diferensial, Pemodelan Matematika, Matematika Fisika, Matematika Biologi, Matematika Keuangan, Penerapan Graf dan Kombinatorik, Kontrol Optimal, Riset Operasi, dan/atau Campuran, 3. Statistik: terdiri dari publikasi tentang Pengembangan dan/atau Penerapan statistik dalam berbagai aspek.

Sebagai editor in chief journal of mathematics UNP, Defri Ahmad, S.PD., M.Sc, mengatakan bahwa jurnal yang ia pimpin terbit selama 4 edisi dalam setahun. Untuk itu ia mengundang para peneliti, pemerhati, serta praktisi matematika baik itu, dosen, guru maupun mahasiswa untuk dapat mengirimkan hasil penelitian yang telah dilakukan yang berupa artikel ilmiah agar dapat di publikasikan melaui jurnal ini. Untuk informasi lengkap dapat dilihat pada flyer berikut ini ;