Rabu (13/04/2022) – Sehubungan dengan kegiatan siswa Pesantren Ramadhan yang rutin dilaksanakan pelajar Kota Padang selama bulan Ramadhan, beberapa Dosen Jurusan Matematika FMIPA UNP melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Musholla Istiqomah Air Tawar. Beberapa dosen yang ikut yaitu Saddam Al Aziz, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua Tim Pengabdian dan Dr. Suherman, S.Pd, M.Si., Ronal Rifandi, S.Pd., M.Sc., Fridgo Tasman, S.Pd., M.Sc., dan Defri Ahmad, S.Pd, M.Si. sebagai anggota.

Kegiatan tersebut bertema “Kuatkan Persatuan dan Hindari Tawuran Bagi Siswa Pesantren Ramadhan 1443 H/2022 M Mushola Istiqamah, Demi Mendukung Tercapainya Tujuan Kurikulum Pembelajaran Matematika pada Aspek Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial”. Kegiatan ini ditujukan untuk siswa-siswi SMP yang mengikuti kegiatan Pesantren di Musholla Istiqomah, Air TAwar Barat Padang.

Pelaksanaannya berupa pemaparan materi dan sharing terkait: (1) bhineka tunggal ika, (2) toleransi sebagai alat pemersatu bangsa, (3) analisis terhadap toleransi dalam islam, (4) bahaya tawuran, (5) kisah kehidupan toleransi dalam islam, dan (6) cara menghindari tawuran.

Selama kegiatan berlangsung, narasumber (dosen-dosen Jurusan Matematika) memberikan paparan menarik disertai video-video animasi yang menceritakan bahaya bagaimana toleransi dalam Islam dan dampak tawuran bagi siswa-siswi SMP. Di akhir kegiatan juga diberikan sesi tanya jawab, diskusi terkait hal-hal yang dirasakan siswa-siswi dalam menghadapi keberagaman sehingga remaja jauh dari twauran. Kegiatan sharing ini membantu para siswa-siswi menemukan solusi-solusi mmenghindari tawuran.

Diharapkan dengan kegiatan ini, dapat memberikan sosialisasi bagi siswa-siswa untuk memiliki sikap yang baik dalammenghindari twauran sehingga dapat mendukung tercapainya tujuan kurikulum pembelajaran matematika pada aspek kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.