Dosen dari Departemen Matematika UNP dipercaya menjadi tim ahli dalam kegiatan Program Organisasi Penggerak Kemdikbudristek. Melalui kerjasama dari Yayasan Pembina Matematika dan IPA (YPMIPA), lima orang dosen terlibat untuk memfasilitasi guru-guru ditingkat sekolah dasar yang berasal dari SDN 13 Surau Gadang dan SD Laboratorium Pembangunan UNP. Kegiatan dikemas dalam bentuk workshop penyusunan rencana pembelajaran berbasiskan pendekatan matematika realistik  yang kemudian dilanjutkan dengan implementasi dari rencana tersebut. Disaat implementasi Dosen ahli datang mengunjungi sekolah dan membersamai guru saat implementasi pembelajaran matematika di kelas. Tim ahli yang terlibat antara lain Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd., M.Sc., Dra. Sri Elniati, MA., Fridgo Tasman, S.Pd., M.Sc., Defri Ahmad, S.Pd., M.Si., dan Ronal Rifandi, S.Pd., M.Sc.

Untuk mengukur ketercapaian, siswa diberikan tes menggunakan aplikasi yang telah dirancang oleh tim pusat secara nasional. Sedangkan untuk guru, juga dilakukan tes akhir yang muatan ujinya adalah berupa kemampuan guru terkait perancangan pembelajaran inovatif menggunakan pendekatan matematika realistik.

Ketua tim ahli yaitu Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd., M.Sc. menyampaikan harapan bahwa melalui kegiatan ini dapat berkontribusi pada meningkatnya kemampuan dan keterampilan guru dalam merancang dan mengimplementasikan Alur belajar berbasis Pendekatan Matematika Realistik. Hal ini guna mendukung pembelajaran yang menanamkan konsep dan sekaligus pembelajaran bermakna sehingga peserta didik tidak sekedar menghapal rumus atau prosedur semata, melainkan juga makna dari apa yang mereka pelajari.

Respon guru saat evaluasi kegiatan menunjukan bahwa kegiatan ini penting dan menambah wawasan dan keterampilan mereka dalam merencanakan pembelajaran serta teknis implementasinya. Apalagi saat anak usia sekolah dasar peralihan dari masa pandemi dimana pembelajaran berlangsung secara daring menjadi pembelajaran tatap muka, guru SD memiliki tantangannya sendiri bagaimana meletakkan dasar konsep kepada peserta didik, contohnya saja pada bidang matematika seperti konsep operasi dasar penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Hal ini menjadi dasar bagi peserta didik agar dapat belajar dengan sukses ditingkat yang lebih tinggi.

Berikut adalah beberapa dokumentasi kegiatan yang terlaksana dalam rentang waktu 13 April sd 17 Juni 2022.