Kegiatan pengabdian pada masyrakat bermitra dengan kegiatan guru-guru matematika SMP Kota Payakumbuh. Kegiatan yang dilakukan adalah pendalaman materi tentang pelatihan computational thinking melalui Siplah (scratch-inventor, math puzzle, literacy, automath, hiper scientific calculator) untuk peningkatan kompetensi profesional dan implementasi TPACK bagi guru MGMP matematika SMP kota Payakumbuh.

Adapun materi yang telah disampaikan diantaranya terkait teknik computational thinking melalui siplah. Secara rinci kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pelatihan computational thinking melalui Siplah. Kegiatan ini berbentuk workshop
  2. Pengayaan materi-materi computational thinking melalui Siplah (scratch-inventor, math puzzle, literacy, automath,
  3. Teknik pelatihan computational thinking melalui Siplah (scratch-inventor, math puzzle, literacy, automath) SMP sangat berguna sebagai dasar untuk pemecahan masalah yang setara dengan SMP.  Kegiatan ini berupa tutorial juga diskusi dan eksplorasi.

MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) merupakan suatu forum atau wadah kegiatan profesional guru mata pelajaran sejenis di sanggar maupun di masing-masing sekolah yang terdiri dari dua unsur yaitu musyawarah dan guru mata pelajaran. Dalam MGMP diharapkan akan meningkatkan kompetensi profesionalitas guru dalam melaksanakan pembelajaran yang bermutu sesuai kebutuhan peserta didik. Wadah profesi ini sangat diperlukan dalam memberikan kontribusi pada peningkatan kompetensi para anggotanya.

Dari pelaksanaan kegiatan ini guru mampu untuk membuat dan merancang computational thinking melalui Siplah. Sehingga banyak permasalahan yang dimunculkan oleh guru sendiri sehingga harus diselesaikan juga dari guru tersebut. Pelaksanaan kegiatan terdiri dari beberapa bentuk kegiatan yaitu: sosialisasi, workshop/pelatihan. Kegiatan dimulai dengan sosialisasi secara tatap muka pada hari Jumat tanggal 4 Agustus 2023, pada kegiatan ini diberikan informasi umum tentang kompetensi profesional dan implementasi TPACK bagi guru matematika dan berlatih membuat computational thinking melalui Siplah (scratch-inventor, math puzzle, literacy, automath). Untuk lebih jelasnya masing-masing kegiatan ini akan dijelaskan pada bagian berikut ini:

  1. Sosialisasi materi implementasi TPACK. Kegiatan sosialisasi ini terdiri dari dua bentuk:
  2. Acara pembukaan dan sambutan ini diawali dengan sambutan koordinator MKKS SMP Kota Payakumbuh dan dilanjutkan sambutan dari ketua MGMP SMP Kota Payakumbuh. Selanjutnya pengarahan dari salah satu anggota PKM yaitu Dr. Arnellis, M.Si tentang pelaksanaan kegiatan. Narasumber kegiatan ini adalah Saddam El Aziz, S. Pd, M. Pd
  3. Pengenalan implementasi TPACK. dan pentingnya computational thinking melalui Siplah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan professionalisme guru dengan rincian:

Pada sesi pertama, peserta diberi penguatan tentang TPACK dan computational thinking. Pada sesi kedua ini dilaksanakan kegiatan diskusi dan tanya jawab, pada bagian ini para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya segala sesuatu yang berhubungan dengan computational thinking.  Kegiatan pengabdian ini mendapat perhatian besar dari para perserta, pada awalnya para peserta terlihat agak apatis, karena mindset guru menduga computational thinking sulit, karena banyak yang terhenti karena berhadapan dengan komputer. Namun setelah guru diajak memperhatikan apa yang sudah diajarkan guru di sekolah dapat dikembangkan dengan kemampuan matematis, baru guru semangat dan antusias bertanya. Peserta mengikuti program aplikasi Siplah (scratch-inventor, math puzzle, literacy, automath) dengan antusias.

Berikut dokumentasi kegiatan pengabdian  MGMP di SMPN Kota Payakumbuh: