Tingkatkan IKU- 3 (Indikator Kinerja Utama), Tim Dosen Pengabdian PKM UNP Berikan Latihan Aplikasi WA-PPG Pada Guru MGMP Matematika Payakumbuh 50 Kota

Perkembangan teknologi khususnya kecerdasan buatan (artificial intelligence) harus disikapi oleh guru dengan bijak. Guru harus beradaptasi mempelajarinya untuk menunjang kualitas proses belajar mengajar. Apalagi dengan adanya perkembangan kurikulum dari Kurikikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Hal inilah yang dilakukan oleh Tim Dosen Hebat UNP, dari fakultas MIPA. Tim ini diketuai oleh Dr. Suherman, M.Si, (Matematika), dengan beranggotakan Saddam Al Aziz, S.Pd., M.Pd. dari Departemen Matematika, Zamahsary Martha, S.Si., M.Si. dan Dina Fitria, M. Si. dari Departemen Statistika. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan skema “PKM Tahun 2023” tema “Workshop Aplikasi WA-PPG (Wolfram Alpha, Photo Math, Padlet, Geogebra) Untuk Menunjang Kompetensi Pedagogi dan Profesional Guru MGMP Matematika Kabupaten 50 Kota Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka”. Kegiatan ini dilaksanakan Agustus – September 2023 di SMA Negeri 1 Kec. Harau, 50 Kota, Payakumbuh.

Kegiatan ini didanai oleh Dana Rencana Kinerja Anggaran Tahunan (RKAT) Universitas Negeri Padang Tahun Anggaran 2023 sesuai Keputusan MWA UNP No: 137/UN35.MWA/PR/2022 Tanggal 26 Desember 2022 dan dilaksanakan sesuai dengan kontrak No:1965/UN35.15/PM/2023.

Dr. Suherman yang juga merupakan Dosen Fasilitator Guru Penggerak Kurikulum Merdeka menjelaskan bahwa ada 3 manfaat yang diperoleh guru dari kegiatan Workshop Aplikasi WA-PPG. Pertama, dapat meningkatan kualitas, kuantitas, serta nilai tambah guru dari kompetensi pedagogi dan profesional.  Aplikasi WA-PPG memuat Wolfram Alpha dan Photomath yang membantu guru untuk menyelesaikan soal matematika, Geogebra yang membantu visualisasi aljabar dan geometri, serta Padlet yang membantu guru memanajemen kegiatan pembelajaran berbasis e-learning papan digital.

Berkat adanya aplikasi ini, guru dipermudah dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran sehingga kompetensi pedagogi guru meningkat. Selain aplikasi, kegiatan PKM ini juga meningkatkan kompetensi profesional guru dalam mengajarkan materi Statistika Bivariat. Kedua, kegiatan PKM ini meningkatan penerapan IPTEK yaitu meningkatnya pemahaman dan penerapan integrasi teknologi guru dalam mengajar (Technological Pedagogical Content Knowledge/TPACK). Ketiga, adanya perbaikan tata nilai masyarakat yaitu dalam hal ini berubahnya pandangan guru terhadap sulitnya merancang pembelajaran dengan menerapkan kurikulum merdeka. Selain itu guru juga merasa diberikan kemudahan dalam memahami materi statistika bivariat dengan penjelasan dari narasumber.

Selain bermanfaat bagi masyarakat yaitu Guru, kegiatan pengabdian PKM ini juga bermanfaat bagi perguruan tinggi, UNP, yaitu meningkatkan pencapain IKU- 3 (Indikator Kinerja Utama) yang mana Dosen Berkegiatan di Luar Kampus. Semoga kedepannya banyak kegiatan serupa yang bermanfaat bagi masyarakat dan institusi.