Latar Belakang

Daya saing bangsa merupakan gambaran bagaimana suatu bangsa mengendalikan kekuatan kompetensi yang dimilikinya secara terpadu guna mencapai kesejahteraan dan keuntungan. Semakin tinggi daya saing suatu bangsa, maka akan semakin tinggi pula tingkat produktivitas bangsa tersebut. Daya saing yang tinggi juga membuka kesempatan suatu bangsa untuk berkembang dengan lebih cepat di masa yang akan datang.

Matematika dan Statistika telah mengambil peran penting dalam meningkatkan daya saing bangsa. Kedua bidang ilmu ini sangat berperan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengembangan inovasi dibidang industri, kesehatan, lingkungan, ekonomi, pemecahan masalah sosial dan kependudukan, tidak terlepas dari peran kedua bidang ilmu ini.

Peran penting ini tidak akan optimal, jika tidak diiringi dengan riset di bidang Matematika, Pendidikan Matematika, maupun Statistika. Selain itu, untuk mengoptimalkan peran matematika dan statistika dalam meningkatkan daya saing bangsa telah didirikan organisasi-organisasi profesi seperti Himpunan Matematika Indonesia (Indo-MS) dan Forum Pendidikan Tinggi Statistika Indonesia (FORSTAT).

Sehubungan dengan hal tersebut, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Padang (UNP) bekerjasama dengan FORSTAT bermaksud menyelenggarakan Seminar Nasional Matematika dan Statistika (SEMASTAT) dan Musyawarah Nasional FORSTAT 2016, dengan tema:

"Peranan Matematika dan Statistika dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa"

SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN STATISTIKA - MUNAS FORSTAT 2016
© 2015 - JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNP