Jurusan matematika bekerja sama dengan Juusan Biologi, melalui tim pengabdian kepada masyarakat, yang diketuai oleh Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd., M.Sc, kembali mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru matematika dan IPA dalam merancang soal-soal Tipe PISA (Program For International Students Assessment).

Kegiatan tersebut di selenggarakan pada tanggal 6, 13 dan 27 Oktober 2019 yang bertempat di ruang sidang pascasarjana Universitas Negeri Padang. Nara sumber dalam kegiatan tersebut adalah pakar matematika dari jurusan matematika UNP dan Pakar Biologi dari Jurusan Biologi UNP yaitu Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd., M.Sc. dan Dr. Yuni Ahda, M.Si dengan peserta kegiatan adalah para guru matematika dan IPA yang tergabung dalam MGMP Matematika dan IPA SMP Sumatera Barat.

Pada awal kegiatan nara sumber menekankan pada guru perlunya agar membimbing siswa untuk dapat mengimplementasikan pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut merupakan salah main poin dalam pelaksanaan PISA.

Selain itu nara sumber juga memberikan penjelasan kepada para guru tentang beberapa hal, yaitu 1) Apa itu PISA, 2) Posisi Indonesia di Dunia terhadap Hasil PISA, 3) bagaimana merancang soal-soal PISA, 4) bagaimana menilai soal PISA. Dalam kegiatan para guru diminta untuk merancang soal-soal PISA berdasarkan kelas yang mereka ajar dan pada topik-topik tertentu yang sedang di ajarkan. Soal-soal yang telah dirancang divalidasi bersama, dengan bimbingan nara sumber. Setelah soal-soal tersebut valid, para guru juga mencobakan soal-soal tersebut kepada siswa-siswi mereka dan menilai hasilnya berdasarkan rubrik yang telah dirancang bersama.

Cuplikan video kegiatan dapat di lihat sini :