Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tugas penting dosen yang tertuang dalam tridarma perguruan tinggi: pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tim pengabdian Jurusan Matematika memenangkan 3 judul Pengabdian Masyarakat khususnya Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan pendanaan PNBP Universitas Negeri Padang untuk mitra yang berada di Kabupaten 50 Kota. Masing-masing 1 judul untuk pengabdian di SD, SMP dan SMA secara berturutan.

Kegiatan PKM SD dan SMA dilaksanakan berbarengan pada akhir Agustus hingga September 2019, sedangkan PKM tingkat SMP menyusul pada September hingga Oktober 2019. Untuk tingkat sekolah dasar, PKM yang diselenggarakan berupa pelatihan dan workshop yang dimotori Dina Fitria, M.Si dan Fadhilah Fitri, S.Si, M.Stat sebagai ketua dan anggota. Kegiatan dengan judul Pelatihan dan Workshop Penerapan Literasi Matematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar menghadirkan pemateri Fridgo Tasman, S.Pd, M.Sc, Suherman, S.Pd, M.Si dan Defri Ahmad, S.Pd, M.Si. adapun mitra kegiatan adalah KKG Gugus III Kecamatan Guguak Kabupaten 50 Kota.

Fridgo menjelaskan kasus-kasus dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam memulai konsep menurut pendekatan saintifik berdasarkan literasi matematis. Kemudian Defri melanjutkan materi dengan teknik mengajarkan konsep-konsep aljabar dan bilangan di sekolah dasar, sebagai contoh mengajarkan pecahan secara visual. Dan terakhir Suherman menjelaskan teknik berliterasi dengan permasalahan Geometri.

Setelah kegiatan pemberian materi Tim Pengabdian (Dina dan Dila) melanjutkan kegiatan dengan workshop penyusunan soal dan cara mengajarkan matematika berbasis literasi matematis. Sementara itu untuk tingkat SMP, PKM dimotori oleh Suherman, S.Pd. M.Si dan Defri Ahmad, S.Pd. M.Si mengadakan kegiatan pelatihan cara mengajarkan sekaligus cara membuat media pembelajaran Geometri berbasis Augmented Reality (AR).

AR merupakan pengalaman interaktif dari lingkungan dunia nyata di mana objek yang berada di dunia nyata ditingkatkan oleh informasi persepsi yang dihasilkan komputer, kadang-kadang melintasi berbagai modalitas sensorik, termasuk visual, auditori, haptic, somatosensori, dan penciuman (Wikipedia). Dengan AR ini diharapkan pembelajaran geometri di SMP berbasis visual secara 3D dan nyata.

Di lain pihak, PKM SMA dengan judul Pelatihan dan Workshop Pemahaman dan Pembuatan Soal Matematika Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) serta Teknik Mengajarkannya pada MGMP Matematika Kabupaten 50 Kota diketuai oleh Defri Ahmad, S.Pd, M.Si dengan anggota Drs. Syafriandi, M.Si dan Dra. Media Rosha, M.Si. Temuan dilapangan menunjukan adaan perbedaan persepsi antara guru tentang definisi HOTS, sehingga kegiatan ini kami mulai dengan penyamaan persepsi tentang konsep HOTS dan HOTS dalam matematika melalui penjelasan yang disampaikan oleh Syafriandi. Setelah itu, Materi dilanjutkan dengan pembahasan soal-soal Matematika berbasis HOTS di SMA yang termuat dalam soal UNBK, SBMPTN, dan UTBK. Dan Terakhir Media Rosha menjelaskan penerapan HOTS/ teknik mengajarkan soal HOTS di SMA. Kemudian setengah kegiatan terakhir dilanjutkan dengan workshop pembuatan soal HOTS dan Cara Mengajarkannya.

Kegiatan PKM ini telah dibuka secara resmi oleh Wali Kota Payakumbuh melalui kegiatan pembukaan secara resmi kegiatan pengabdian dan penelitian di kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh tangga 31 Juli 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UNP Prof. Ganefri dan Ketua LP2M UNP Prof. Rusdinal. Dan khusus untuk tiga kegiatan dari Jurusan Matematika ini direncanakan untuk melaksanakan pembukaan secara resmi disatu tempat bersama Kepala Dinas Kabupaten Limapuluh Kota dan Kepala Cabang Limapuluh Kota Dinas Provinsi Sumatera Barat. Namun terkendala lokasi yang agak berjauhan ketiga kegiatan ini dibuka secara terpisah.

Kegiatan SD dan SMP diselenggarakan di tempat yang disponsori Dinas Pendidikan Kabupaten 50 Kota dilaksanakan secara terpisah di KKG dan MGMP SMP Limapuluh Kota masing-masing pada Rabu, 21 Agustus 2019 dan Kamis, 29 Agustus 2019, yaitu di SDN 03 Guguak untuk SD dan di SMPN 1 Harau untuk SMP. Kegiatan dihadiri oleh perwakilan dinas pendidikan Kabupaten 50 Kota, Kepala-kepala SD yang tergabung dalam MGMP, guru-guru kelas 4, 5, dan 6 SD. Sementara itu, PKM di SMA dibuka oleh Kepala Cabang Limapuluh Kota Dinas Provinsi Sumatera Barat diwakili oleh Bapak Bedrizal di SMAN 1 Harau.

Kegiatan diikuti secara antusias oleh guru baik pelatihan maupun workshop. Kepuasan ini diukur melalui angket yang disebarkan kepada guru. Guru menyatakan sangat puas dari segi kepakaran pemateri dan kesesuaian materi dengan kebutuhan guru. Sementara untuk penyelenggaraan guru juga menyatakan puas. Guru mengharapkan kegiatan seperti ini hendaknya berkelanjutan sehingga perbendaharaan soal dan teknik guru up to date sesuai dengan perkembangan kurikulum dan siswa.

Diantara materi yang diharapkan guru yaitu lanjutan HOTS, Literasi, Pelatihan Persiapan OSN Matematika, Media Interaktif Berbasis IT dan lainnya. Selain memberikan pelatihan dan workshop kepada guru, di tengah pertemuan dihadirkan siswa untuk ikut merasakan manfaat dari kegiatan ini. Semuanya tampak antusias dengan materi yang diberikan. Disamping kekayaan materi yang diberikan secara gratis kepada guru dan siswa, juga diberikan doorprize bagi siswa yang berhasil menjawab soal dengan benar dan cepat.

Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa sebagai penerus generasi guru selanjutnya. Beberapa mahasiswa yang telah dipersiapkan untuk mendampingi kegiatan pengabdian, diantaranya Jedi Priwahyu Candra, Muhammad Hafidzh, Tesya Jossefin, Neneng dan Afdhal. Mahasiswa bertuga untuk melakukan pengamatan, dokumentasi, mengajar siswa, mengolah data dan lainnya. DA, DF