Salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan dosen adalah Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNP telah memfasilitasi salah satu kegiatan dalam bentuk PkM. Tim pengabdi  dosen Jurusan matematika FMIPA UNP mewujudkan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan  memilih kota Bukittinggi sebagai tempat untuk berbagi dengan bapak/ibu guru SMP sebagai mitra yang tergabung dalam forum  MGMP  Guru  Matematika  sesuai permintaan  kepada  tim  pengabdi dosen Jurusan Matematika  untuk  membantu  mereka  dalam  mengembangkan   pembinaan  olimpiade  matematika  secara  lebih  efektif  dan  efisien apalagi di masa pandemic covid 19 ini.   Pelaksanaan pelatihan pembina olimpiade bagi guru dimaksudkan untuk peningkatan kompetensinya terkait dengan tugasnya sebagai guru sekaligus sebagai pembina olimpiade matematika di sekolahnya.

Pelaksanaan  Pengabdian  Kepada  Masyarakat  diberikan pada guru  matematika  SMP  di  Kota  Bukittinggi dalam  bentuk pelatihan olimpiade  matematika  berbasis  Blended  Learning  dengan  aplikasi  Edmodo.  Pelatihan olimpiade  dilakukan  secara  online  dengan  menggunakan  platform  Edmodo  tidak  terlepas juga  dengan  pembinaan  olimpiade  matematika  dilakukan  dengan  Learning  From  Home (LFH),  dan  Workshop  From  Home  (WFH).  Hal  ini  karena  imbas  fenomena  merebaknya Covid-19  sehingga  diberlakukannya  LFH  dan  WFH  yang  mengakibatkan  pembinaan olimpiade  di  sekolah  harus  melakukan  pola  pembinaan  yang  berbeda.  Pola  pembinaan selama ini yang dominan tatap muka harus mulai bergeser pada pola pembinaan daring.

Adanya pandemi Covid 19 mempengaruhi guru terbatas dalam melakukan pembinaan secara langsung face to face. Hal ini diakibatkan adanya perubahan dan penyesuaian mekanisme pelaksanaan pembinaan yang dapat dilakukan secara daring, demi pencegahan penyebaran Covid-19 (social distancing) maka kegiatan pembinaan yang awalnya direncanakan  adanya kegiatan luring maka dilakukan dengan full daring.

Pemanfaatan media daring dalam pembinaan ini menjadi hal yang baru bagi guru, dikarenakan perlu adanya penyesuaian yang semula dari luring diubah mejadi daring.  Adanya perubahan tersebut maka dosen dalam Tim PkM Jurusan Matematika Tahun 2020 menyesuaikan dengan kondisi di tengah pandemi Covid-19. Pembinaan secara daring dilakukan dengan  mengadakan tatap muka secara virtual melalui zoom meeting selama 6 kali pertemuan,  dimulai tanggal 25 September 2020 dan berakhir 23 Oktober 2020. Peserta  kegiatan PkM ini dihadiri 20 sampai 30 orang guru – guru matematika negeri dan swasta berbagai SMP di Kota Bukittinggi.

Kegiatan PkM dapat apresiasi dari dinas pendidikan Kota Bukittinggi yang mana dibuka secara online melalui zoom meeting oleh Kepala Dinas Pendidikan Bapak Drs. Melfi, MS. Beliau sangat mensupport kegiatan pengabdian ini dan berpesan pada guru matematika untuk mengikuti dengan baik, apalagi dengan dipilihnya kota Bukittinggi dengan dua kegiatan pengabdian yang dilaksanakan  juga oleh Tim Pak Suherman, M.Si. Materi kegiatan PkM disampaikan oleh Dra. Arnellis,M.Si dan anggota  tim dosen Jurusan Matematika: Dr. Elita Zusti Jamaan, MA, Dra. Media Rosha, M.Si, dan Saddam Al Azis, M.Pd serta berkolaborasi dengan dosen Statistika Dra. Nonong Amalita,M.Si.

Pembinaan olimpiade matematika disesuaikan dengan kebutuhan guru dan juga siswa dalam menghadapi kompetisi sains nasional (KSN) 2020 dan dapat berlanjut seterusnya. Penyampaian materi olimpiade matematika didukung dengan penggunaan LMS Edmodo berbasis jejaring social. Pilihan platform Edmodo digunakan karena platform ini sudah dikenal dan sebagian sudah digunakan guru-guru dalam pembelajaran di kota Bukittinggi.  Edmodo  memiliki  manfaat  yang  sangat luas  sebagai  jaringan  sosial  antara  guru  dan siswa  yang  dapat  dipantau  pula  oleh  orang tua dan didukung  dengan  berbagai  fitur canggih  yang  membuat  proses  belajar mengajar  lebih  efektif,  efisien,  dan terorganisir. Adanya pendampingan dan pelatihan olimpiade matematika secara online ini dengan harapan nantinya guru-guru  matematika  meningkatkan kompetensinya dan nanti berimbas ke siswa untuk  berlatih  dan  mempersiapkannya  dalam  menghadapi  ajang olimpiade matematika KSN yang  dilaksanakan secara online sehingga  dapat  mengangkat  nama  dan  prestasi  Kota Bukittiggi khususnya.

Secara umum, kegiatan pelatihan  berupa presentasi  materi olimpiade matematika  dan penggunaan edmodo yang dilakukan dengan zoom meeting dan dipandu oleh  narasumber dari anggota Tim pengabdian berlangsung dengan baik. Guru mengisi kehadiran melalui google form yang dibagikan linknya. Guru-guru terlihat sangat bersemangat, hal ini terlihat dari pemberian Slido.com  yang berisi  jejak pendapat untuk mengetahui  keadaan dan pemahaman guru tentang materi olimpiade saat mulai presentasi secara online dan mempraktekkan penggunaan Edmodo. Dari observasi yang dilakukan, peserta antusias saat mempraktekkan bahan olimpiade matematika pada  fitur  yang  ada  pada  Edmodo.  Semua peserta  berpartisipasi  dengan bergabungnya di kelas edmodo yang dibuat yaitu Kelas Pelatihan KSN Matematika.

Pada akhir  kegiatan penutupan, saat refleksi guru sangat apresiasif pada Jurusan Matematika, karena ada dua kegiatan pengabdian Jurusan Matematika di kota Bukittinggi yaitu dengan Tim pengabdian pak  Suherman, M.Si dengan harapan  kegiatan berlanjut kembali di masa yang akan datang.  Walau kegiatan dilakukan secara virtual namun dapat memberikan penyegaran dan nilai tambah bagi guru SMP kota Bukittinggi di tengah kondisi Pandemi.

Adapun Rekaman kegiatan  PkM dapat dilihat pada chanel Youtube Arnellis Math UNP