Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) adalah organisasi kemahasiswaan tingkat jurusan yang menjadi sarana penunjang aktivitas mahasiswa matematika Universitas Negeri Padang (UNP). Selain itu, HIMATIKA juga merupakan ladang informasi baik internal maupun eksternal kampus. Dimana semua informasi yang disajikan mampu meningkatkan skill serta minat mahasiswa jurusan matematika.

Pada saat ini secara umum pembelajaran dilakukan secara daring dengan menggunakan kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) untuk tingkat perguruan tinggi, yang bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang tangguh dalam menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan teknologi yang semakin berkembang.

Sabtu, 18 September 2021. HIMATIKA UNP mengadakan suatu kegiatan yaitu Seminar Akademik Online. Seminar ini diwadahi oleh Departemen Penalaran HIMATIKA dengan tema “Menjadi mahasiswa matematika yang produktif dan berprestasi melalui program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)”. Acara seminar ini juga mendapatkan respon positif dari Walikota HIMATIKA yaitu Muhammad Hakim Assyura. “Dengan diadakan nya seminar ini, mahasiswa matematika mendapatkan tips dan trik dalam memanfaatkan peluang untuk berkontribusi di kegiatan berhubungan akademik ataupun non akademik dimasa pembelajaran daring”, ucap Walikota HIMATIKA. Dan juga acara ini mendapat respon positif dari Ketua Jurusan Matematika UNP yaitu ibu Dra. Media Rosha, M.Si yaitu membangkitkan rasa percaya diri mahasiswa matematika UNP dan memotivasi menjadi mahasiswa yang cerdas dan berperan aktif serta kreatif dalam berbagai hal dengan karakteristik intelektual dan moralitas.

Seminar Akademik Online diikuti oleh angkatan matematika tahun 2019 dan 2020 yang mana pesertanya lebih dari 400. Sehingga mendapatkan pesan dan kesan yang positif dari peserta seminar ini.

Selain itu, pemateri dari acara seminar ini adalah Dosen Matematika UNP dan juga alumni mahasiswa matematika UNP. Sehingga dapat memotivasi mahasiswa matematika untuk meningkatkan kemampuan akademik maupun non akademiknya meskipun pada saat pembelajaran secara daring.