Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) merupakan organisasi kemahasiswaan di tingkat jurusan yang menjadi sarana penunjang aktivitas mahasiswa jurusan matematika Universitas Negeri Padang (UNP). Selain itu, HIMATIKA juga merupakan tempat informasi baik internal maupun eksternal kampus. Dimana semua informasi yang disajikan mampu meningkatkan skill serta minat mahasiswa jurusan matematika.

Departement Minat dan Bakat Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan Webinar Public Speaking dan Karya Tulis Ilmiah (PSKTI) dengan mengusung tema “Tingkatkan Intelektual, Inovatif, dan Kreativitas untuk Menumbuhkan Daya Kritis dan Analitis serta Kecakapan Komunikasi pada Generasi Muda”. Acara ini diselenggarakan melalui platform Zoom Meeting pada Minggu  (10/10) pukul 08.00-selesai.

Acara ini dibuka oleh Ketua Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang (UNP), Dra. Media Rosha, M.Si.  Webinar PSKTI (Public Speaking dan Karya Tulis Ilmiah) menghadirkan dua orang narasumber, yaitu Ainun Qholbi selaku Divisi Pembinaan Karya Tulis Ilmiah PPIPM UNP (2020-2021) dan Ikhsan Rynaldo selaku Penyiar Radio Sushi FM Padang. Webinar ini dihadiri oleh mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Padang tahun masuk 2020 dan 2021 yang mana pesertanya lebih dari 300 orang.

Public speaking menjadi sarana bagi kita untuk meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi kecemasan. Public speaking juga melatih kita untuk berekspresi secara positif dan baik di depan orang banyak, meningkatkan kualitas dan value yang kita miliki, serta dapat menyampaikan pesan seefektif mungkin.

Selain public speaking, karya tulis ilmiah juga menjadi hal penting di dunia perkuliahan, seperti makalah, artikel, skripsi, tesis, disertasi, dan lain-lain. Dengan mengetahui cara-cara membuat karya tulis ilmiah, terdapat manfaat yang diperoleh diantaranya dapat mengembangkan keterampilan membaca secara efektif, menyampaikan gagasan berdasarkan sumber sehingga dapat menyimpulkan gagasan sebagai sesuatu yang bisa diterima publik, serta dapat meningkatkan penyusunan data yang diperoleh secara sistematis, dan lain-lain.