Departemen Matematika FMIPA UNP Mengadakan Workshop Penyusunan RPS Semester Januari-Juni 2023 Demi Pencapaian IKU 7.

 

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang sidang departemen matematika tanggal 11 Januari 2023. Kegiatan ini rutin diadakan untuk mempersiapkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang akan digunakan dalam perkuliahan, yang dalam hal ini pada perkuliahan semester Januari-Juni 2023. Kegiatan ini diikuti oleh prodi matematika dan prodi pendidikan matematika. Narasumber dalam kegiatan ini adalah, Dr. Armiati, M.Pd dan Dra. Helma, M. Si,. Kedua narasumber memaparkan materi tentang bagaimana merancang RPS sesuai IKU 7.

Sasaran dan target workshop ini fokus kepada dosen departemen matematika yang menghasilkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS)  sesuai dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) untuk Perguruan Tinggi. IKU yang dimaksud adalah IKU 7  tentang Peningkatan Kualitas Kurikulum dan Pembelajaran yang dijabarkan dalam Indikator Kinerja Utama (IKU) yaitu IKU 7 (Persentase mata kuliah S1 dan Diploma yang menggunakan metode pembelajaran pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis projek (team based project) yang sebagian bobot evaluasi minimal 50%.

Dengan adanya kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif yang sesuai IKU 7, maka diharapkan pihak kampus bersama para dosen mampu menciptakan kelas yang mumpuni. Bisa melibatkan mahasiswa dan merangsang keterlibatan mereka dalam proses belajar di kelas.

Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah workshop lanjutan dosen di dalam rapat KBK masing-masing. Sehingga ada tim kecil yang diketuai oleh ketua KBK dalam mencapai output RPS sesuai IKU 7 yang memuat kasus dan/ project.