Kegiatan webinar series ke- 2 dijurusan matematika di gelar pada tanggal 28 Oktober 2021. Kegiatan ini bertemakan “Menjadi guru yang aspiratif”.  Dengan semangat sumpah pemuda webinar ini menghadirkan dua narasumber milenial dari oraganisasi “Peneliti Muda Pendidikan Matematika (PMPM)”. Bapak Dr. Bagus Ardi Saputro., M.Pd memberikan materi dengan judul  “DDR sebagai sarana rekonstruksi pengetahuan”. Selanjutnya Bapak Dr. Jero Budi Darmayasa., M. Pd memaparkan materi dengan judul “Etnomathematika dalam program merdeka belajar”.  Acara ini dihadiri oleh lebih kurang 190 peserta   yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia. Dosen jurusan matematika UNP turut berpartisipasi aktif dalam acara ini. Selain itu, Dosen dari UNY, UNES, Nomensen Sumatera Utara, serta dosen dari UIN raden patah Palembang turut ambil bagian dalam webinar series ke – 2 ini.  Mahasiswa dari berbagai universitas juga antusias untuk memperoleh pengetahuan bagaimana menjadi guru yang aspiratif. Bapak Ronal Rifandi., S,Pd., M.Sc adalah  MC pada webinar dengan terlebih dahulu mempersilahkan ketua jurusan matematika memberikan sambutan sekaligus membuka acara.   Ketua jurusan matematika dengan semangat sumpah pemuda beliau menyampaikan bahwa keberhasilan anak bangsa berada ditangan guru, dimana guru berasal dari kata digugu dan ditiru maka guru harus senantiasa memberikan inspirasi kepada siswa – siswanya.

Acara ini dimoderatori oleh Dr. Yulyanti Harisman., S.Si., M.Pd  yang merupakan dosen di Jurusan matematika UNP dan sekaligus salah satu yang menginisiasi lahirnya organisasi  PMPM. Moderator memandu acara lebih kurang berdurasi empat jam dengan masing – masing narasumber dua jam. Acara ini dilakukan secara daring melaui zoom meeting.  Melalui materinya Dr. Bagus Ardi Saputro., M.Pd  memaparkan bagaimana kecakapan seorang  guru dalam merancang  Situasi – Prediksi Respons – Antisipasi Respons dalam proses pembelajaran melalui DDR sebagai sarana rekonstruksi pengetahuan. Bagaimana kecakapan guru menjadi desainer dari materi pembelajaran agar materi mudah dipahami oleh peserta didik.  Untuk menjadi desainer seorang guru harus paham dengan materi dan tidak boleh terjadi miskonsepsi dalam diri guru tersebut.  Selanjutnya dalam materinya Dr. Jero Budi Darmayasa., M. Pd mencoba memaparkan bagaimana seorang guru yang inspiratif harus mampu menemukan konsep – konsep matematika dalam budaya dan beliau memaparkan kosep – konsep matematika pada budaya di Bali.

(uli/rnl)