Sabtu (8/04/2023) – Sehubungan dengan kegiatan siswa Pesantren Ramadhan yang rutin dilaksanakan pelajar Kota Padang selama bulan Ramadhan, beberapa Dosen Departemen Matematika FMIPA UNP melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Musholla Istiqomah Air Tawar. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahun ke-2 yang merupakan agenda rutin Departemen Matematika di Pesantren Musholla Istiqomah.

Beberapa dosen yang ikut yaitu Saddam Al Aziz, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua Tim Pengabdian dan Yulyanti Harisman, S.Si., M.Pd., Dra. Sri Elniati, MA., Dra. Fitrani Dwina, M.Ed., Shinta Sari, S.Pd., M.Ed.,  dan Sri Novia Martin, M.Pd. sebagai anggota.

Kegiatan tersebut bertema “Tantangan dan Pemanfaatan Teknologi di Era 4.0 bagi Siswa Pesantren Ramadhan 1444 H/2023 M Mushala Istiqamah”. Kegiatan ini ditujukan untuk siswa-siswi SD, SMP, dan SMA yang mengikuti kegiatan Pesantren di Musholla Istiqomah, Air TAwar Barat Padang.

Pelaksanaannya berupa pemaparan materi dan sharing terkait: (1) Pengertian Teknologi Informasi, (2) Tantangan Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan (3) Cara Aman Memanfaatkan Teknologi Informasi.

Selama kegiatan berlangsung, narasumber (dosen-dosen Jurusan Matematika) memberikan paparan menarik disertai video-video animasi yang menceritakan Tantangan dan Pemanfaatan Teknologi di Era 4.0. Di akhir kegiatan juga diberikan sesi tanya jawab, diskusi terkait hal-hal yang dirasakan siswa-siswi dalam menggunakan teknologi di era 4.0.

Hal yang menarik di sini adalah sebelum penyampaian materi, tim pengabdian juga memberikan soal tes awal matematika untuk mengungkap kemampuan dasar matematis siswa dan kebermanfaatan teknologi dalam mengerjakan soal matematika oleh siswa.

Diharapkan dengan kegiatan ini, dapat memberikan sosialisasi bagi siswa-siswa untuk memiliki sikap yang baik dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi yang begitu pesat untuk hal hal positif. Karena banyak kahir-akhir ini siswa yang tidak bijak dalam menggunakan teknologi khususnya smartphone. Oleh karena itu diharapkan kegiatan ini dapat membantuk pemahaman siswa tentang bagaimana bijak dalam menggunakan teknologi di era 4.0.