Minggu (24/04/2022) – Sehubungan dengan kegiatan Pesantren Ramadhan yang rutin dilaksanakan pelajar Kota Padang selama bulan Ramadhan, beberapa Dosen Jurusan Matematika FMIPA UNP melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Musholla Istiqomah Air Tawar. Beberapa dosen yang ikut yaitu Rara Sandhy Winanda, M.Sc, Dina Agustina, M.Sc., Trysa Gustya Manda, M.Pd., Maulani Meutia Rani, M.Pd, Nurul Afifah Rusyda, M.Pd., dan Saddam Al Aziz, M.Pd.

Kegiatan tersebut bertema “Dunia Tanpa Smartphone”. Kegiatan ini ditujukan untuk siswa-siswa SMP yang mengikuti kegiatan Pesantren di Musholla Istiqomah. Pelaksanaannya berupa pemaparan materi dan sharing terkait bahaya smartphone, hidup bahagia tanpa gadget, dan upaya mengendalikan diri agar tidak ketergantungan. Diharapkan dengan kegiatan ini, siswa dapat mengendalikan diri dari ketergantungan dan memahami bahaya serta manfaat gadget. Selama kegiatan berlangsung, narasumber (dosen-dosen Jurusan Matematika) memberikan paparan menarik disertai video-video animasi yang menceritakan bahaya gadget dan senangnya bermain permainan yang mengolah jasmani seseorang. Di akhir kegiatan juga diberikan sesi tanya jawab, diskusi terkait hal-hal yang dirasakan siswa dalam menghadapi dunia dengan penuh teknologi seperti saat ini. Kegiatan sharing ini membantu para siswa menemukan solusi-solusi menarik terkait ketergantungan gadget.

Diharapkan dengan kegiatan ini, dapat memberikan sosialisasi bagi siswa-siswa untuk mengurangi atau menjaga agar tetap terkendali dalam pemanfaatan smartphone dalam kehidupan sehari-hari.