Kurikulum Merdeka merupakan perkembangan dari kurikulum 2013 yang esensinyayaitu fleksibilitas metode pembelajaran yang digunakan guru disesuaikan dengan kebutuhan atau karakteristik siswa, sertafakta bahwa setiap siswa memiliki bakat dan minatnya masing-masing. Oleh karena itu, sebagai seorang guru harus memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, baik dari segi cara guru memahami materi ajar matematika (kompetensi profesional)maupun cara guru mengajarkan materi tersebut ke siswanya(kompetensi pedagogi) secara berdiferensiasi.  Oleh karena itu pemerintah melalui Dirjen Dikti mengadakan seleksi bagi dosen untuk menjadi Pelatih Ahli Sekolah Penggerak yang betugas mensosialisasikan dan mengajarkan Kurikulum Merdeka untuk para guru.

Dalam seleksi tersebut, dari sekian ribu peserta, sebanyak 2 dosen Departemen Matematika lulus menjadi pelatih ahli sekolah penggerak. Beliau adalah Dr. Suherman, S.Pd., M.Si dan Dr. Arnellis, M.Si. Selain melatih guru-guru agar bisa mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yaitu mempersiapkan bahan ajar berupa modul ajar, program ini juga memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogi kepada guru sehingga mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar sekolah serta berpotensi menjadi pemimpin pendidikan yang dapat mewujudkan rasa nyaman dan kebahagiaan peserta didik ketika berada di lingkungan sekolahnya masing-masing. Kedua dosen tersebut melatiha guru-guru di Kabupaten 50 Kota, Payakumbuh dan Pesisir Selatan.

 

Tak diragukan lagi, bahwa Departemen Matematika FMIPA UNP terus menerus menorehkan prestasi, baik dari Dosen maupun Mahasiswanya.