DATA ANALYTICS, MATHEMATICAL MODELLING, AND FORECASTING (DMF) RESEARCH GROUP: DORONGAN POSITIF BAGI DEPARTEMEN MATEMATIKA

Untuk mendukung kinerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Padang dalam mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam pencapaian Visi Universitas Negeri Padang yang inovatif, mandiri, terkemuka di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, pada tanggal 25 November 2022 dibentuklah pusat dan kelompok riset, sebagaimana tercantum dalam SK Rektor Universitas Negeri Padang dengan nomor SK 1213/UN35.13/KP/2022. Salah satu kelompok riset yang terbentuk adalah Data Analytics, Mathematical Modelling, and Forecasting (DMF) Research Group, yang berfokus pada analisis berbagai jenis data menggunakan metode dan model statistik, ekonometrika, matematika, dan ilmu komputer, serta mewadahi kegiatan riset multidisiplin dan kolaborasi industri dan akademisi dalam penyelesaian masalah industri, di mana pemodelan matematika dan simulasi menjadi bagian penting dari kegiatan-kegiatan tersebut.

Kelompok Riset ini terdiri atas 11 peneliti, dimana 6 diantaranya berasal dari Departemen Matematika, yaitu Dr. Devni Prima Sari, S.Si., M.Sc. sebagai Direktur Kelompok Riset DMF, Dina Agustina, S.Pd., M.Sc sebagai Sekretaris, Rara Sandhy Winanda, S.Pd., M.Sc. sebagai Kepala Divisi Administrasi dan Keuangan, Meira Parma Dewi, S. Si, M. Kom sebagai Kepala Divisi Pemodelan Matematika dan Simulasi, Riry Sriningsih, S. Si, M. Sc sebagai Kepala Divisi Peramalan, dan Defri Ahmad, S.Pd., M.Si sebagai Kepala Divisi Publikasi dan Diseminasi.

Harapan kedepannya, kehadiran Data Analytics, Mathematical Modelling, and Forecasting (DMF) Research Group akan memberikan dorongan positif bagi Departemen Matematika, baik dalam hal penelitian, pengajaran, kolaborasi, pengembangan sumber daya manusia, maupun kontribusi terhadap industri.