Kemampuan berfikir kritis dan kemampuan berfikir kreatif adalah dua hal penting dalam matematika. Kedua keterampilan ini menjadi fokus pembelajaran pada abad 21 untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan pada masa depan. Hal ini mendorong tim dosen jurusan matematika yang dikoordinir oleh Fridgo Tasman, S.Pd., M.Sc memberikan workshop  dan  bimbingan  kepada  para  guru  untuk  dapat  mendesain  dan mengimplementasikan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan kreatif di kelas dengan mitra guru-guru matematika SMA yang tergabung dalam MGMP matematika Sumatra barat.

Karna pandemi covid 19 yang mengkhawatirkan, kegiatan yang awalnya direncanakan secara luring harus pindah ke metoda daring dengan menggunakan zoom meeting application. Kegiatan dimulai pada tanggal 26 September 2020 dan ditutup pada tanggal 17 Oktober 2020 dan dihadiri oleh lebih kurang 20 orang guru – guru SMA yang tersebar di Sumatera Barat. 

Kegiatan menghadirkan narasumber, Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd., M.Sc yang menjelaskan kepada guru-guru peserta kegiatan apa itu berfikir kritis dan kreatif. Yang kemudian dilanjutkan dengan contoh-contoh pembelajaran berfikir kritis dan kreatif yang disampaikan oleh Dr. Yerizon, M.Si dan Defri Ahmad, M.Si. Selain itu para guru peserta kegiatan juga di berikan workshop bagaimana membuat pembelajaran berfikir kritis dan kreatif menggunakan geogebra classroom.

Geogebra classroom sendiri adalah salah satu pengembangan dari geogebra yang memungkinkan para guru untuk merancang aktivitas dan melihat hasil kerja siswa secara langsung dan tersimpan secara online. Selain itu, para siswa juga dapat mengerjakan aktivitas yang dirancang guru tersebut secara online baik dengan menggunakan handphone maupun laptop.

Para guru memberikan kesan positif terhadap geogebra dan geogebra classroom. Walau kegiatan dilakukan secara virtual namun dapat memberikan solusi pembelajaran bagi guru di tengah kondisi pandemi. Para guru juga mengharapkan kegiatan ini dapat dilakukan kembali di masa yang akan datang dan dapat dilakukan secara tatap muka.

Sebagian Rekaman kegiatan dapat dilihat pada bagian berikut ;