Pendidikan adalah faktor yang penting untuk memajukan negara Indonesia. Guru adalah salah satu faktor yang menentukan kualitas dan mutu pendidikan Indonesia. Semakin baik kompetensi guru Indonesia maka semakin baik pula mutu pendidikan Indonesia. Dengan latar belakang tersebut, Tim Dosen dari Jurusan Matematika UNP, memberikan pelatihan dan workshop keterampilan profesional bagi para guru matematika SMP di Kabupaten Tanah Datar.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang tiap tahunnya dianggarkan oleh Universitas Negeri Padang & tiap tahunnya dilakukan oleh Tim Dosen Jurusan Matematika. Pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka di Kota Barusangkar. Namun, karena adanya pandemik Covid 19, untuk pelaksanaan kegiatan PKM pada tahun 2021 dilakukan secara daring via Zoom Meeting. Pelaksanaan workshop pembuatan e-LKPD ini dilakukan dengan narasumbermya adalah dosen Matematika UNP, yaitu Ibu Mirna, Bapak Drs. Mukhni, M.Pd, Ibu Dra. Firtani Dwina, M.Ed dan Ibu Khairani, M.Pd.

Pertemuan awal untuk kegiatan pelatihan dan workhop ini dilakukan pada tanggal 26 Agustus 2021, dengan pembukaan acara oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Datar yang diwakili oleh Bapak Agusli, S.Pd. Kegiatan pelatihan Pelatihan dan workshop ini berakhir pada tanggal 07 Oktober 2021 lalu dan selama kegiatan ini berlangsung, Ketua MGMP Matematika SMP Kabupaten Tanah Datar, Ibu Elza Marlina, S.Pd, selalu hadir dan ikut berpartisipasi aktif.

Di akhir kegiatan, para guru memberikan kesan bahwa kegiatan ini sudah lama mereka nantikan, walaupun kegiatan ini dilakukan secara virtual namun dapat memberikan warna di tengah kondisi pandemic yang membuat bosan. Para guru juga mengharapkan kegiatan ini dapat dilakukan kembali di masa yang akan datang dan dapat dilakukan secara tatap muka.