Dosen Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang membentuk sebuah tim PKM yang diketuai oleh Dr. H. Yarman, M.Pd. Beranggotakan 3 orang pelaksana dengan 2 orang narasumber dan dibantu 2 orang mahasiswa departemen Matematika didalam tim, kegiatan ini dilaksanakan di SD Alam At-Tin yang berlokasi di Perumahan Lubuk Intan, Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586 di mulai pada Juli hingga September 2023. Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru SD Alam At-Tin yang sebagian besar adalah guru muda, dimana guru-guru sangat antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan Guru dalam mengajari peserta didik tingkat Sekolah Dasar dengan memanfaatkan alat yang mudah didapat sebagai media pada proses pembelajaran berhitung.

Dra. Fitrani Dwina, M.Pd yang kerap dipanggil Mam Fera selaku narasumber pada sesi pertama kegiatan ini menyebutkan bahwa dengan bantuan alat dan bahan yang mudah didapat seperti kertas buffalo dua warna (merah dan biru), push pin, styrofoam persegi panjang dan spidol kita sudah bisa membuat satu media pembelajaran dalam mengajari peserta didik menambah dan mengurangi bilangan. Pertama, dengan ukuran yang sama kertas buffalo dipotong persegi dengan ukuran 4×4 cm sebanyak yang dibutuhkan, masing-masing potongan kertas buffalo ini mewakili satu bilangan, dengan kertas berwarna biru mewakili bilangan positif, dan merah mewakili bilangan negatif. Kemudian, untuk diperlihatkan masing-masing potongan kertas ditempelkan pada styrofoam menggunakan pushpin untuk mewakili masing-masing bilangan, dengan menggunakan bahasa yang sederhana sehingga sangat mudah untuk dipahami Maam Fera menjelaskan kepada guru-guru. Setelahnya, Maam Fera menampilkan barisan bilangan didalam kotak pada kertas buffalo yang tersusun berurutan dari angka 1 sampai 100 yang selanjutnya akan ditempeli kertas buffalo yang sudah dipotong persegi sebelumnya untuk memperlihatkan proses penambahan dan pengurangan.

Sesi selanjutnya mengenai pembagian dan sifat pecahan di sampaikan oleh Dra. Helma, M.Si, sama seperti sebelumnya, alat dan bahan yang digunakan merupakan sesuatu yang mudah didapat, yaitu plastik mika (plastik jilid), gunting, spidol, penggaris, bucket ayam KFC (cetakan untuk membuat lingkaran) dan pushpin. Plastik mika dipotong menjadi lingkaran dan ditandai titik tengahnya, kemudian lingkaran dibagi menjadi 2 sama besar ditandai menggunakan spidol. Sehingga, terbentuklah lingkaran dengan 2 bagian yang sama besar, dilanjutkan dibuat lingkaran lain dengan ukuran yang sama namun dibagi hingga menjadi 4 bagian sama besar. Lingkaran yang sudah dibuat diarsir sesuai yang dibutuhkan, kemudian diperbandingkan untuk memperlihatkan ke peserta didik sifat pecahan. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama antara tim PKM dengan guru-guru dari SD Alam At-Tin.

“Kegiatan ini sangat menarik, saya mendapat hal-hal baru bahkan cukup dengan alat dan bahan yang setiap hari kita jumpai kita bisa membuat media yang menarik bagi peserta didik sehingga memunculkan motivasi mereka untuk terus semangat belajar khususnya dalam berhitung”, ujar Rahma Yulis, S.Si Guru yang mengajar di kelas 3 SD Alam At-Tin. “Media yang ditampilkan sangat mudah dibuat dan diaplikasikan, senada dengan pembawaan pemateri yang mampu membimbing dan betul-betul mengayomi kami sebagai pendengar”, kata Risa Melsi Boni, S.Pd Guru yang mengajar di kelas 2 SD Alam At-Tin. Turut menyampaikan rasa syukur, Kepala Sekolah SD Alam At-Tin Amron Siregar, S.Pd menyampaikan “Alhamudulillah, senang dan syukur bisa belajar dan menambah ilmu. Terima kasih peada tim PKM dari departemen matematika FMIPA UNP yang telah memilih SD Alam At-Tin dalam program nya”.