Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini diselenggarakan oleh dosen Jurusan matematika FMIPA UNP merupakan wujud nyata dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang difasilitasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNP. Tim pengabdian memilih kota Payakumbuh sebagai tempat untuk berbagi dengan bapak/ibu guru SMP sebagai mitra dalam MGMP matematika  karena banyak potensi budaya local yang dapat dieksplore untuk pembelajaran di sekolah.  Pelaksanaan pelatihan rancangan LKS berbasis Etnomatematika bagi guru dimaksudkan untuk peningkatan profesionalisme dan kreatifitas  terkait dengan tugasnya sebagai guru sekaligus sebagai pendidik.  Namun dengan adanya pandemi Covid 19, guru terbatas kreatifitas dalam membuat lembaran kerja siswa (LKS) secara langsung face to face. Tujuan kegiatan PkM ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan  dan keterampilan, dan kreatifitas  guru  matematika tingkat SMP  Kota Payakumbuh dalam merancang LKS berbasis Etnomatematika dengan LMS Edmodo.

Pemanfaatan media daring dalam pembinaan ini menjadi hal yang baru bagi guru, dikarenakan perlu adanya penyesuaian yang semula dari konvensional diubah mejadi Daring/online. Adanya perubahan tersebut maka dosen dalam Tim PkM Jurusan Matematika Tahun 2020 menyesuaikan dengan kondisi di tengah pandemi Covid-19. Pembinaan secara daring dilakukan dengan  mengadakan tatap muka secara virtual melalui zoom meeting, yang dimulai tanggal 3 Oktober 2020 dan berakhir 22 Oktober 2020. Peserta  kegiatan PkM ini dihadiri 30 orang guru – guru matematika  yang tersebar di  berbagai SMP  Kota Payakumbuh. Kegiatan PkM dapat apresiasi dari dinas pendidikan Kota Payakumbuh yang mana dibuka secara online melalui zoom meeting oleh Koordinator Pengawas  Bapak Drs Sefri Firman Rasyid, M.Si. Kegiatan PkM ini diketuai oleh Dr. Elita Zusti Jamaan, MA dan anggota  tim dosen Jurusan Matematika:  Dr. Ali Asmar, M.Pd,  Dra. Arnellis, M.Si, Dra. Media Rosha, M.Si,  dosen Statistika Dra. Nonong Amalita,M.Si serta berkolaborasi dengan Alumni Matematika Ekarining Widyastuti,M.Pd.

Perancangan LKS berbasis Etnomatematika disesuaikan dengan kebutuhan guru dan juga siswa dalam menghadapi masa pandemic Covid 19  dengan didukung dengan penggunaan LMS Edmodo berbasis  jejaring  social. Pilihan platform Edmodo digunakan karena  memiliki  manfaat  yang  sangat luas  sebagai  jaringan  sosial  antara  guru  dan siswa  yang  dapat  dipantau  pula  oleh  orang tua dan didukung  dengan  berbagai  fitur canggih  yang  membuat  proses  belajar mengajar  lebih  efektif,  efisien,  dan terorganisir. Adanya pendampingan dan pelatihan rancangan LKS berbasis Etnomatematika secara online ini dengan harapan dapat membantu guru dalam meningkatkan kreatifitasnya untuk melestarikan budaya local  kota Payakumbuh dengan guru mengaplikasikannya dalam pembelajaran di kelas. Para guru antusias terhadap pelatihan rancangan LKS berbasis Etnomatematika dan penggunaan LMS Edmodo. Walaupun kegiatan dilakukan secara virtual  melalui zoom meeting, namun dapat memberikan solusi pembinaan bagi guru di tengah kondisi Pandemi. Para guru juga mengharapkan kegiatan ini dapat dilakukan kembali di masa yang akan datang dengan rancangan LKS Etnomatematika berbasis Digital.