Peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2019 membawa berkah bagi Jurusan Matematika. Pasalnya, dalam acara tersebut Jurusan Matematika memperoleh penghargaan dari Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri, Ph.D, karena berhasil meraih prestasi sebagai Jurusan Terbaik II ditingkat Universitas Negeri Padang. Penghargaan tersebut bukanlah yang pertama kali diterima oleh Jurusan Matematika karena pada tahun 2018 lalu Jurusan Matematika juga berhasil memperoleh predikat sebagai Jurusan Terbaik II.

Tidakhanya Jurusan Matematika yang mendapatkan penghargaan dari Rektor Universitas Negeri Padang, Program Studi Pendidikan Matematika yang tahun lalu menjadi Program Studi Terbaik III, pada tahun ini berhasil menjadi Program Studi Terbaik I dari sekitar 80 Program Studi yang ada di Universitas Negeri Padang. Ini merupakan capaian yang luar biasa dari Progam Studi Pendidikan Matematika.Tidak mudah mempertahankan predikat ini karena banyak faktor yang harus ditingkatkan agar tetap bisa bersaing dengan puluhan program studi lainnya yang ada di Universitas Negeri Padang.

Prestasi-prestasi ini dinilai berdasarkan prestasi yang di peroleh oleh dosen, mahasiswa dan seluruh civitas akademika Jurusan Matematika UNP. Dalam satu tahun terakhir mahasiswa matematika berhasil memenangkan banyak perlombaan baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Fardathil Aini dari Program Studi Pendidikan Matematika berhasil meraih Juara I sebagai Mahasiswa Berprestasi di Universitas negeri Padang.

Harapan I diraih oleh mahasiswa dari Program Studi D-III Statistika, Tia Maryati Irfan. Tidak hanya itu, para dosen Jurusan Matematika juga makin semangat dalam membuat karya tulis dan jurnal ilmiah bertaraf internasional dan dipublish disitus jurnal internasional.

Baru-baru ini, Rohadatul Aysi dan Afifah Zafirah, dua orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika lainnya berhasil meraih Juara II pada lomba Mathematic on the Paper (MOP) yang dilaksanakan di Universitas Tanjungpura Pontianak. Mereka berhasil bersaing dan mengalahkan universitas-universitas  ternama yang ada di Indonesia.